Rekomendasi Tempat

Wisata Papua Terbaik Yang Harus Kamu Kunjungi

Pulau yang terletak di paling Timur Indonesia ini memiliki segenap keindahan yang tak akan habis jika kalian explore.

Dari daratan hingga lautan yang ada, merupakan surga tersendiri yang dimiliki oleh Indonesia. Bukan hanya alamnya, Papua juga memiliki kearifan budaya lokal yang masih dipertahankan hingga sekarang.

Menjelajahi berbagai tempat wisata di Papua pastinya akan sangat menyenangkan. Terutama untuk kalian yang suka dengan wisata alam, Papua bisa menjadi tempat yang cocok.

Nah, untuk kalian yang berencana berlibur ke Papua, di bawah ini ada wisata alam di Papua yang tak boleh kalian lewatkan.

1.Desa Wisata Sauwandarek

Desa Wisata Sauwandarek

Di desa ini kalian bisa bertemu langsung dengan suku asli yang hidup di pesisir. Desa ini masih berada di kawasan Kabupaten Raja Ampat. Di sini kalian juga bisa melihat rumah tradisional yang terbuat dari kayu dan beratapkan jerami.

Wisata di Papua ini hanya ditempati oleh sekitar 46 kepala keluarga. Perempuan di sini biasanya membuat topi dan tas dari daun pandan laut. Jika suka, kalian bisa membelinya langsung di tempat.

Kalian juga bisa menyelan dan snorkelling serta trekking ke telaga unik di sini. Kenapa unik? Karena telaganya memiliki air asin. Beda dengan telaga biasa yang airnya tawar.

Menurut warga sekitar, di telaga ini ada penyu putih dan jika kalian melihatnya, maka kalian akan mendapatkan keberuntungan dalam permainan slot online untuk mendapatkan jackpot.

  • Lokasi: Sauandarek, Meos Mansar, Kabupaten Raja Ampat, Papua Bar.

2.Raja Ampat

Raja Ampat

Siapa sih yang tak kenal dengan Raja Ampat? Wisata di Papua ini sangat terkenal bahkan sampai ke seluruh dunia.

Kawasan ini memiliki 4 pulau besar, yaitu Misool, Waigeo, Batanta, dan Salawati. Di sekitarnya ada pulau-pulau kecil yang mengelilingi.

Tempat ini juga memiliki berbagai macam biota laut. Sekitar 75% spesies laut di dunia ditemukan di Raja Ampat.

  • Lokasi: Kabupaten Raja Ampat, Papua Bar.

3.Pantai Amai

Pantai Amai

Pantai ini relative sepi namun tetap menarik. Di ujung pantai kalian akan menemukan muara sungai yang membuat air asin dan air tawar bertemu.

Setelah berenang, kalian bisa bermain voli, snorkelling, menyelam, atau sekedar bersantai di Gazebo. Jika ingin menginap, di sini juga telah disediakan penginapan.

Untuk menuju ke pantai ini, kalian harus melewati medan yang berkelok serta naik turun. Namun, pastinya akan sangat terbayarkan jika sudah sampai.

  • Lokasi: Tablasupa, Depapre, Jayapura, Papua 99353

4.Danau Sentani

Danau Sentani

Danau ini merupakan danau terluas di Papua. Letaknya sekitar 50 km dari pusat kota Jayapura. Danau ini menawarkan keindahan luar biasa. Ada sekitar 21 pulau yang menghiasi danau dengan ketinggian 75 meter di atas permukaan laut.

Di sini kalian bisa menyantap kuliner, berenang, memancing, dan menyewa perahu. Kalian juga bisa berinteraksi langsung dengan warga sekitar.

  • Lokasi: Danau Sentani, Jayapura

5.Danau Paniai

Danau Paniai

Danau yang disebut sebut sebagai danau terindah se dunia ini berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut.

Saat senja, kalian bisa melihat siluet tebing, burung yang terbang di atas danau, dan perahu nelayan yang baru berpulang.

Kalian juga bisa memancing karena ada banyak ikan air tawar yang bisa kalian dapatkan di sini. Fasilitas yang disediakan cukup lengkap mulai dari pemandu, sewa perahu, pos jaga, warung makan, dan alat pancing.

  • Lokasi: Mogeya, Paniai Bar., Kabupaten Paniai, Papua

6.Gunung Carstensz (Puncak Jaya)

Gunung Carstensz (Puncak Jaya)

Wisata gunung di Papua ini cocok untuk kalian yang ingin menaklukan puncak tertinggi di dunia. Tingginya sekitar 4.884 mdpl dan termasuk salah satu dari Tujuh Puncak Dunia.

Puncaknya diselimuti oleh salju abadi. Kalian akan bertemu dengan cuaca yang ekstrem serta mengeluarkan puluhan juta untuk menempuh perjalanan selama minimal 7 hari.

  • Lokasi: Desa Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua

Itulah rekomendasi wisata di Papua Barat yang harus kalian kunjungi. Tertarik mengunjungi salah satunya? Semoga artikel ini dapat berguna serta dapat bermanfaat terutama bagi kalian yang berencana mengunjungi Papua dalam waktu dekat untuk berlibur maupun berkunjung.